Wakatobi dan Kendari: Program Pengembangan Masyarakat di Sulawesi Tenggara

 

Program Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) juga dilaksanakan di Indonesia. Pada tahun ini, kami berkesempatan untuk melaksanakan program di Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Wakatobi dan Kota Kendari selama kurang lebih dua bulan. Di fase ini, kami terfokus pada pelaksanaan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (community development) di segala bidang kehidupan. Program-program tersebut direncanakan dan dilaksanakan oleh 35 pemuda yang terdiri dari 18 pemuda Indonesia dan 17 pemuda Australia.

Kabupaten Wakatobi merupakan kabupaten yang masih tergolong baru karena terbentuk pada tahun 2003. Wilayah kabupaten ini sebagian besar adalah laut (97%) dan 3% wilayah berupa daratan sehingga sebagian besar masyarakat bekerja sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Wakatobi merupakan sebuah singkatan dari empat pulau utama yang ada di kabupaten ini yaitu Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Masing-masing pulau memiliki karakteristik masyarakat yang berbeda. Dan, mereka menggunakan bahasa dengan dialek yang sedikit berbeda. Namun, masyarakat di Kepulauan Tukang Besi ini sangat ramah terhadap wisatawan yang berkunjung.

Di kabupaten ini, kami berkesempatan untuk tinggal bersama masyarakat setempat yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda dari nelayan hingga pejabat pemerintahan di Pulau Wangi Wangi. Selama satu bulan, kami melaksanakan program-program yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat setempat seperti di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, olahraga dan pariwisata. Disamping itu, kami juga mempelajari kebudayaan masyarakat setempat seperti bahasa dan tarian lokal. Bahasa lokal yang digunakan oleh masyarakat Wakatobi pun sangat jauh berbeda dari Bahasa Indonesia.

Di bidang pendidikan, kami berupaya mengajarkan berbagai macam hal pada siswa terutama Bahasa Inggris di sekolah dan rumah. Kami juga berupaya untuk membuka pikiran dan motivasi bagi siswa untuk tetap berpikir positif dan optimis dalam membangun masa depan dengan tetap semangat belajar dan berkompetisi. Bukan hanya secara moril, kami juga memberikan bantuan fisik berupa buku-buku untuk perpustakaan di Wangi Wangi.

Membangun kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lautnya menjadi kampanye utama kami di bidang lingkungan. Pola hidup masyarakat yang dengan mudahnya membuang sampah ke laut dapat merusak kehidupan laut dan mencemari airnya. Hal ini menjadi prioritas untuk kami tanggulangi dengan mengadakan kampanye lingkungan sehat, penyediaan tong sampah bagi masyarakat, pelatihan pengelolaan sampah (recycle), membangun papan-papan peringatan dan nonton bareng tentang bahaya membuang sampah di laut serta bergotong royong membersihkan desa bersama warga dan anak-anak.

Penciptaan lingkungan yang sehat juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan masyarakat Wakatobi. Dalam upaya membangun masyarakat yang sehat, kami melaksanakan kampanye gaya hidup sehat dengan sasaran utama siswa sekolah dasar melalui cuci tangan dengan sabun dan rajin sikat gigi. Program ini juga didukung dengan adanya kegiatan olahraga bagi siswa SD di sekolahnya yang diadakan oleh peserta PPIA. Program olahraga juga diadakan bagi pemuda dan masyarakat setiap sore di lapangan yang telah disediakan seperti bermain bola kaki, voli dan kasti. Selain olahraga yang telah dikenal masyarakat setempat, kami juga mengenalkan olahraga dari Australia seperti AFL, Rugby dan Kriket. Masyarakat, terutama anak-anak, sangat antusias dalam mempelajari olahraga tersebut.

Bidang pariwisata juga menjadi fokus bagi kami untuk dikembangkan karena keindahan laut di Wakatobi yang dikenal dengan slogan “Surga Nyata di Bawah Laut di Pusat Segitiga Terumbu Karang Dunia”. Wakatobi dikenal sebagai lokasi dengan keragaman hayati bahari terbesar di dunia dengan 750 spesies karang dan 942 spesies ikan. Di bidang ini, kami mengembangkan perencanaan bisnis bagi masyarakat seperti rumah tinggal bagi wisatawan (home stay) dan membantu persiapan bagi home stay baik fisik maupun non fisik. Kami juga membersihkan beberapa tempat wisata utama di Wangi Wangi dan menyediakan tong sampah serta papan nama lokasi wisata untuk memudahkan masyarakat dan para wisatawan yang akan berkunjung.

Program PPIA fase Indonesia dilanjutkan di Kota Kendari dimana kami kembali tinggal bersama keluarga asuh dan magang di beberapa instansi pemerintah, LSM (lembaga swadaya masyarakat), Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, panti sosial dan sebagainya. Pengalaman ini memberikan kesempatan pada pemuda Indonesia dan Australia untuk lebih mengenal negara Indonesia melalui etos kerja masyarakat di Kendari dan berkontribusi dalam memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah. Di Wakatobi dan Kendari, kami pun berkesempatan menampilkan seni dan budaya dari beberapa provinsi di Indonesia dan Australia ke berbagai tingkatan pendidikan. Hal yang lebih penting adalah kami bisa bercengkerama, berdiskusi dan berbagi pikiran dengan siswa-siswi di sekolah. Kami berharap bahwa program ini mampu memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi para siswa dan masyarakat setempat terutama dalam membentuk pola pikir yang lebih terbuka menerima perbedaan yang ada dan mampu berkompetisi di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Advertisements

About Andrio

I would like to say thanks to someone who have asked me to write everything I wanna read in this blog. Honestly, I am not an expert on writing but I’ll try to do my best in providing any information that you wanna get from here. I wrote any articles on this simply blog based on my experience and my point of view about everything happened in my life. And I’m trying to translate some news from Indonesia to English and vice versa in a purpose to improve my knowledge in writing English. I hope that the small thing I have done could help some of you guys in a positive way especially gaining more info and knowledge. Currently, I am trying to read many books and articles to provide information for the readers. I’ll give my best shot.. View all posts by Andrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: