Gabungan Facebook dan Skype: Inovasi baru di dunia internet

Facebook merupakan media sosial yang populer pada saat ini untuk berbagi cerita melalui status dan posting-an di dinding teman. Saking populernya, situs ini digunakan oleh 750 juta orang di dunia. Disamping itu, para pengguna juga dapat mengunggah foto dan video ke situs ini. Dan hal lain yang lebih penting adalah ketersediaan fasilitas chat dengan teman yang ada di Facebook. Nah, bagaimana jika keunggulan yang sudah tersedia di Fb dilengkapi dengan fasilitas video chat seperti yang ada di Skype? Sungguh menarik bukan?

Baru-baru ini muncul berita terkait hal diatas, Fb akan menambah fasilitas video chat Skype ke halaman Fb untuk memperluas jaringan dan kepuasan para pengguna jaringan sosial nomor 1 di dunia ini. Hal ini juga merupakan salah satu langkah Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menanggulangi persaingan dari pihak lain terutama Google dan Twitter. FYI, Google akan segera meluncurkan layanan jaringan sosialnya: Google+. Keputusan merger tersebut diumumkan pada 6 Juli 2011 oleh Mark sendiri pada konferensi pers. Kerjasama tersebut semakin memperkuat kerjasama Fb dengan Microsoft – perusahaan yang sedang dalam proses untuk mengakuisisi Skype.

Ray Waldes, seorang analis, menyatakan bahwa tindakan Facebook mengintegrasikan video chat dalam pelayanannya didasarkan pada keinginan untuk memberikan alasan tambahan bagi para pengguna mengakses website tersebut lebih lama dan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Layanan video chat ini akan disediakan secara gratis namun hanya bisa dipergunakan oleh dua orang. Namun bukan hal yang tidak mungkin jika di kemudian hari Mark memutuskan bahwa para pengguna akan dikenakan biaya untuk menggunakan fasilitas tersebut di masa yang akan datang.

Yh, persaingan semakin ketat di dunia internet khususnya layanan jaringan sosial. Hal ini semakin menjadi ketika Google memutuskan untuk membuat jaringan sosialnya sendiri. Dalam hal video chat, Google telah memiliki ide tentang konferensi melalui video yang bisa digunakan oleh 10 orang. Namun ketika saya mencoba untuk searching dan sign up di Google+, jaringan sosial ini masih belum siap. Tinggal menunggu waktu untuk digunakan dan kita akan melihat apakah Google+ akan mampu mengakhiri kejayaan Facebook sebagai jawara di jaringan sosial saat ini.

Advertisements

About Andrio

I would like to say thanks to someone who have asked me to write everything I wanna read in this blog. Honestly, I am not an expert on writing but I’ll try to do my best in providing any information that you wanna get from here. I wrote any articles on this simply blog based on my experience and my point of view about everything happened in my life. And I’m trying to translate some news from Indonesia to English and vice versa in a purpose to improve my knowledge in writing English. I hope that the small thing I have done could help some of you guys in a positive way especially gaining more info and knowledge. Currently, I am trying to read many books and articles to provide information for the readers. I’ll give my best shot.. View all posts by Andrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: