Kota dengan biaya hidup termahal di dunia? Tokyo, Paris … dan Brisbane

Nilai dolar Australia yang semakin menanjak naik menjadikan empat kota besar utama di negara ini termasuk ke dalam daftar sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia, berdasarkan survei global terbaru yang dipublikasikan pada 7 Juli 2011. Sydney dan Melbourne berada pada posisi keenam dan ketujuh kota termahal di dunia, ungkap survei Economist Intelligence Unit. Disamping itu, Perth dan Brisbane, kota besar lainnya yang terkenal dengan tambang batubara dan bijih besi-nya, menempati posisi 13 dan 14.

Sebagai perbandingannya, sepuluh tahun yang lalu, Sydney berada pada posisi 71 dan Melbourne menempati rangking ke-80 sementara Perth di posisi ke-71 dan Brisbane menempati rangking ke-93.

Pada saat ini, biaya hidup terasa lebih murah di London, Wina, Roma, Berlin, Hong Kong dan Beijing dibandingkan dengan kota-kota di Australia. Berdasarkan rangking tersebut, Tokyo menempati posisi jawara sebagai kota dengan biaya hidup termahal, gelar yang dipertahankan selama dua dekade terakhir. Pada tahun ini saja, biaya hidup semakin meningkat di Tokyo walaupun negara ini dihantam gempa dan Tsunami yang menghantam Jepang pada bulan Maret.

Sebaliknya, beberapa kota di Asia mendapati fakta bahwa kehidupan disana menjadi lebih murah. Hong Kong, kota termahal ketiga di dunia pada sepuluh tahun yang lalu, menempati posisi ke-20. Dan Shanghai juga mengalami hal yang sama, dari posisi ke-16 ke 48, Beijing dari posisi ke-11 ke 64.

Namun, beberapa kota di Asia yang mengalami perubahan ekonomi signifikan, ikut dalam trend sebagai kota termahal seperti Bangkok, posisi 108 pada 2001 menjadi 66 pada saat ini. Dan Jakarta naik 35 langkah keatas dalam daftar tersebut menempati posisi ke-7 pada tahun 2011.

Walaupun terdapat kekhawatiran terhadap stabilitas ekonomi dan kelemahan di zona Eropa, 10 kota termahal berada di Eropa, termasuk di dalamnya; Oslo, Paris, Jenewa, Zurich dan Frankfurt.

Untuk kota dengan biaya hidup termurah, sebagian besar diraih oleh kota-kota di Asia Selatan dimana Karachi menempati posisi terbawah dalam rangking tersebut. Mumbai dan New Delhi juga termasuk di dalam barisan 10 terbawah. Hal ini bertolak belakang dengan fakta India sebagai negara yang sedang mengalami kemajuan pesat.

Advertisements

About Andrio

I would like to say thanks to someone who have asked me to write everything I wanna read in this blog. Honestly, I am not an expert on writing but I’ll try to do my best in providing any information that you wanna get from here. I wrote any articles on this simply blog based on my experience and my point of view about everything happened in my life. And I’m trying to translate some news from Indonesia to English and vice versa in a purpose to improve my knowledge in writing English. I hope that the small thing I have done could help some of you guys in a positive way especially gaining more info and knowledge. Currently, I am trying to read many books and articles to provide information for the readers. I’ll give my best shot.. View all posts by Andrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: