Pembebasan Jurnalis Al Jazeera oleh Israel

Jurnalis Al Jazeera David Poort, yang ditahan pada saat kedatangannya di Bandara Ben Gurion, Tel Aviv hari Jumat ketika meliput berita tentang kampanye “flytilla”, dibebaskan setelah ditahan selama 18 jam oleh Israel.

Poort, yang dibebaskan pada jam 5 sore waktu setempat, rencananya akan mendokumentasikan kampanye para aktivis yang berupaya untuk masuk ke Israel melalui jalur udara sebagai upaya protes terhadap blokade di Jalur Gaza.

Keputusan untuk menggunakan jalur udara dibuat setelah otoritas Yunani melarang kapal-kapal Gaza Flotilla II meninggalkan pelabuhan Yunani.

Poort menggunakan penerbangan Lufthansa dari Frankfurt ke Tel Aviv bersama 24 aktivis dari Belgia; sebagian dari mereka merupakan mahasiswa muda yang datang dari Brussels untuk menghindari pengamanan yang ketat di Belgia.

Penerbangan itu pada awalnya direncanakan dari Paris dan Poort mengungkapkan bahwa aktivis Perancis mendapat pencegahan untuk berangkat darisana.

Pada saat kedatangannya di bandara Israel, Poort dan para aktivis dipisahkan dan diperiksa.

Orang yang dianggap oleh pihak pemerintah Israel sebagai bagian dari kampanye “flytilla” dibawa menuju bus polisi yang telah berada di bandara.

Poort mengungkap bahwa hal tersebut dilakukan secara acak dan hanya didasarkan atas kecurigaan semata sehingga dua wisatawan muda dari Belanda, yang tidak ada hubungan sama sekali dengan kelompok pro-Palestina, ditangkap oleh polisi.

Pria dan wanita dipisahkan dan dibatasi dengan menggunakan perlengkapan elektronik.

“Diperlakukan seperti anjing”

Poort berkata: “Bus itu sangat padat dan 10 pria dipaksa berada di area seluas tiga setengah kaki.”

“Kami dikurung di tempat yang sangat sempit, bersama dengan kecoa, panas dan sesak dan mereka menyekap kami di dalam bus selama 6 jam. Kami merasa diperlakukan seperti anjing.”

Para aktivis kemudian dibawa menuju Bir el-saba yang berada di selatan Israel. Setelah dua jam perjalanan, mereka sampai di penjara Ela.

“Kami ditahan di ruangan yang sangat kecil dan setiap orang ditanyai oleh keamanan penjara,” kata Poort. “Enam belas orang ditahan di satu sel.”

Keseluruhan kelompok diberi kesempatan untuk bertemu dengan psikolog.

Poort mengungkapkan kelompok-kelompok tersebut ditanyai pertama kali hanya ketika berada di penjara dan otoritas terlihat terkejut setelah menyadari adanya jurnalis dalam kelompok.

Pihak berwenang kemudian menyuruh semua orang untuk menandatangani sebuah kertas yang berisi tentang janji mereka untuk tidak mengadakan protes di Israel. Kertas tersebut juga merupakan form deportasi.

Diantara mereka yang ditahan, terdapat seorang gadis remaja yang berumur 14 tahun, yang bergabung dengan kelompok tersebut bersama dengan ayahnya. Gadis tersebut dipisahkan dari ayahnya ketika masih berada di dalam tahanan.

Ratusan aktivis lainnya telah dilarang terbang menuju Israel dari Eropa setelah pemerintah Israel memberikan daftar nama para aktivis yang “membahayakan keamanan” pada otoritas penerbangan setempat.

Translated from Israel frees detanied Al Jazeera journalist, Al Jazeera 10 July 2011.

Advertisements

About Andrio

I would like to say thanks to someone who have asked me to write everything I wanna read in this blog. Honestly, I am not an expert on writing but I’ll try to do my best in providing any information that you wanna get from here. I wrote any articles on this simply blog based on my experience and my point of view about everything happened in my life. And I’m trying to translate some news from Indonesia to English and vice versa in a purpose to improve my knowledge in writing English. I hope that the small thing I have done could help some of you guys in a positive way especially gaining more info and knowledge. Currently, I am trying to read many books and articles to provide information for the readers. I’ll give my best shot.. View all posts by Andrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: